Kamis, 15 Maret 2012

Lady Biker

Selama obrolan makan siang bersama teman kantor, kami membahas para pengendara motor yang semrawut dijalanan Jakarta. Salah satu teman wanita saya juga pengendara motor yang bisa dibilang new comer. Sebab dia baru saja belajar naik motor di jalan raya setelah diterima kerja di kantor kami ini dan sekarang dia ber biker ria ke kantor.
Berbeda dengan saya, yang dari kecil sudah biasa ngacir kaya Mandra.  Sejak kelas 6 SD saya sudah belajar naik motor. Dan setelah masuk SMP bisa bergaya bawa motor ke ekskul. Secara ya, masih jarang anak SMP bawa motor, apalagi anak perempuan. Karena saya lahir dan besar di suatu area perdesaan, memiliki sebuah motor pada waktu itu sudah lumayan bergengsi la ya.. Setidaknya itu perasaan saya hehe.. Walopun motor babe yg dibawa2.... sah aja lah...

Walaupun sudah melanglang buana kemana2 diseantero wilayah kabupaten nun jauh disana, tetep ya Babe yang notabene sebagai polisi saya pada saat itu tidak percaya pada anaknya. Walaupun jungkir balik minta dibuatin SIM tetep aja keukeuh semuekueh,.. TIDAK!
Sampai akhirnya lulus kuliah dan minta ijin untuk merantau ke Jakarta, baru deh doi nyuruh saya buat SIM. Cepek deeehhh...!!
Dalam hati buat apaan bikin SIM, kan di Jakarta ga punya motor... tapi okelah.. daripada ga nurut ntar kualat...

Kakak satu2nya sudah mengembara di hutan metropolitan terlebih dahulu.. bekerja di bilangan Muara Baru... Setelah beberapa bulan freelance akhirnya saya mendapatkan pekerjaan tetap juga..
Untunglah saya nurut...hihihi... ternyata teman kakak punya motor!
Helooow Jakarta... yihuuuyy... rute sederhana jadi debut pertama saya ber biker ria sebagai Lady Biker ... Kota- muara baru-pluit-gajah mada-pasar baru.  Jadilah nganter kakak kemana2.. kan doi ga punya SIM. Ih kesempatan..

Seneng bukan main.. bisa jalan2 pake motor di Jakarta.. Pengendara motor 12 th lalu ga seperti sekarang. Masih menyenangkan.. walaupun begitu cukup memacu andrenalin cewek kampung yg baru liat kota..yg completely disoriented.

Nah kembali kemasa sekarang, motor udah kaya nyamuk di jalanan, dan bicara jalanan ibu kota sat ini tentu saja bicara mengenai amarah.. umpatan.. sumpah serapah... teriakan..dan stressfull!!
Gimana enggak, pertumbuhan kendaraan ga sebandiing dengan bertambahnya ruas jalan, yang ada malah galian dimana2 bikin jalan tambah sempit.
Puncaknya adalah jalur busway yg bener2 ga masuk akal buat pengguna jalan seperti saya ini.
udah tau ya jalanan sempit cuma dua jalur eh malah disekat dan jadi satu jalur.. semua tumpah di jalur sempit.

Th 2004 kantor tempat saya bekerja, sangat baik. Saat itu diadakan kredit motor masal dan yg asiknya lagi bunga bersubsidi yg artinya bunga di bayarin kantor dan kami cicil harga pokoknya aja.. ow menarik bukan.
Saya mengambil keputusan tepat disaat detik terakhir batas penyerahan aplikasi kredit dari kantor, karena saya pikir ngapain beli motor kan tempat kos dari kantor udah deket bener.
Anyway  sebulan dari penyerahan motor kantor pindah ke Kelapa Gading!
Euw..untung jadi ambil motor...*ngelusdadalega*

Pengendara motor wanita sangat jarang pada saat itu. Orang2 menganggap saya berani (GR!!) atau bahasa halus dari nekat. Selain bahaya kan capek naik motor, mending naik bus bisa lanjutin tidur, begitu kata seorang teman yang ogah disebutkan namanya.(???)

Tapi saya sangat beruntung, karena naik motor jadi bisa berangkat ngepasin jam kantor alias bangun siang hehehe... Jalur yang saya lewati merupakan jalur melawa arus kemacetan pagi hari.
Kebanyakan orang datang dari daerah pinggir Jakarta dan bekerja di pusat kota Jakarta. Nah kalau saya tinggal di kota kerja di area pinggir... hihi maaf ya kalau istilah saya agak narsis.
Asiiik ... jalur saya kosong.. jadi bisa ngebuuuttt... kan motornya baru.. yihaaa

Saya sangat sayang motor saya. saya hampir tak percaya kalau motor itu punya saya. yeah walopun nyicil gitu. Saya rajin bawa servis dan cuci steam. jadi kinclong mulu... kalau kena hujan langsung saya siram2 pakai air kran. Biar ga karatan kata seorang temen, yg lagi2 tidak mau disebutkan namanya. (apa sih???)
Saking sayangnya saya juga punya panggilan sayang loh.. Mau tau..?? Yak.. JIMMY!
Keren kan.. Ayo Jimmy mandi dulu (kalo mau nyuci motor). Ayo Jimmy ke dokter (kalo mau servis ke bengkel). Enak didengernya bukan.

Karena Jimmy masih brondong alias baru, wah enak banget buat ngacir. Jiwa muda saya langsung tertantang menaklukan jalanan Jakarta, dan puncaknya adalah 15 menit Kelapa Gading - Tebet!
Yeah... berhasil memecahkan rekor pribadi (???)
Bukan karena keren atau jago siy sebernya... tapi lebih karena rasa takut! Eits.. kenapa takut??
Ya jelas aja lah. Saya wanita. Sendirian. Saat itu habis jaga pameran dan selesai jam 11 malam!
Sekarang sudah ada gambaran jelas kan kenapa bisa 15 menit doang hehehehe..
Gimana ga takut coba ya. Jalanan kosong dan gelap.  Lampu merah saya terobos dengan suksesnya. Ga kebayang juga kan, pas lampu merah di fly ofer Pemuda- Pramuka saya berhenti sendirian. Hiiiy ngeri.... gelap dan sepi. Kalau ada yg nyolek gimana hayoo.. atau parahnya dicegat orang, oh NO! Lebih baik Ngaciiiirrr....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar